HomeArtikelPerdalam Riset Kualitatif, Dosen STIAB Jinarakkhita Lampung Ikuti Bootcamp Canggih dengan AI...

Perdalam Riset Kualitatif, Dosen STIAB Jinarakkhita Lampung Ikuti Bootcamp Canggih dengan AI dan NVIVO 12

Lampung (18/07/2024) Sebanyak 12 orang dosen Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Jinarakkhita yang sedang menempuh studi lanjut S3, mengikuti kegiatan pelatihan Penelitian Kualitatif secara daring melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini bertajuk “Bootcamp Ebizmark Penelitian Kualitatif Menggunakan Tools AI & NVIVO 12 Batch 11.” Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 18 Juli hingga 15 Agustus 2024 dan diselenggarakan oleh EBIZMARK.

Pada pertemuan pertama yang berlangsung pada 18 Juli 2024 pukul 19.00 hingga 21.30 WIB, hadir narasumber Prof. Dr. Patrisius Istiarto Djiwandono, seorang profesor pengajar bahasa Inggris di Universitas Ma Chung, Indonesia. Beliau menjelaskan tentang konsep dasar coding dan coding data dengan NVivo. Dalam sesi ini, peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar coding dan cara melakukan coding secara manual yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. Prof. Patris, sapaan akrabnya, memberikan wawasan yang komprehensif mengenai coding data, sebuah keterampilan penting dalam penelitian kualitatif yang membantu dalam mengidentifikasi tema dan pola dalam data yang kompleks.

Kegiatan pelatihan ini dijadwalkan terdiri dari lima sesi utama. Pada sesi berikutnya yang dijadwalkan pada 25 Juli 2024, peserta akan mempelajari open coding dan axial coding dengan NVivo. Sesi ini akan memperdalam pemahaman para dosen tentang bagaimana mengelompokkan data menjadi kategori yang lebih spesifik dan bagaimana menghubungkan kategori-kategori tersebut untuk menemukan hubungan yang signifikan dalam data penelitian.

Pada sesi ketiga tanggal 1 Agustus 2024, pelatihan akan berfokus pada pengolahan angket open-ended dan case classifications dengan NVivo. Pada pertemuan ini, peserta akan belajar mengolah data angket yang bersifat terbuka dan mengklasifikasikan kasus-kasus yang ditemukan dalam penelitian mereka, yang akan sangat berguna dalam analisis data kualitatif yang lebih mendalam.

Selanjutnya, sesi keempat pada 8 Agustus 2024 akan membahas penggunaan memo dengan NVivo. Memo dalam konteks penelitian kualitatif adalah catatan yang dibuat peneliti untuk menangkap ide, refleksi, dan interpretasi selama proses analisis data. Peserta akan dilatih bagaimana membuat memo yang efektif untuk mendukung analisis data.

Pelatihan ini akan ditutup pada sesi kelima pada tanggal 15 Agustus 2024 dengan materi tentang coding dengan bantuan AI. Dalam sesi ini, peserta akan belajar bagaimana memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam coding data. Selain itu, akan diadakan quiz untuk menguji pemahaman peserta terhadap materi yang telah dipelajari selama pelatihan.

Pelatihan ini merupakan langkah penting bagi dosen-dosen STIAB Jinarakkhita untuk meningkatkan kemampuan SDM Dosen dalam hal penelitian kualitatif. Dengan bimbingan dari para ahli dan penggunaan alat canggih seperti NVivo dan AI, diharapkan para dosen dapat menghasilkan penelitian yang lebih berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Selain itu, dengan mengikuti pelatihan ini, dosen-dosen STIAB Jinarakkhita diharapkan tidak hanya memahami konsep dan teknik penelitian kualitatif, tetapi juga mampu menerapkannya dalam penelitian Disertasi maupun dalam penelitian pada aspek Tridarma Perguruan Tinggi.  Sehingga, mereka dapat meningkatkan kualitas penelitian yang mereka hasilkan, baik untuk tujuan akademis maupun pengabdian kepada masyarakat.

Pada akhirnya, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan mutu pendidikan di STIAB Jinarakkhita. Dengan dosen yang lebih terampil dan berpengetahuan luas dalam metode penelitian kualitatif, diharapkan hasil penelitian yang dihasilkan dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi institusi, tetapi juga bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat luas.

Redaksi 2024 © LPTIK STIAB Jinarakkhita Lampung

—————————————
Informasi Terkait STIAB Jinarakkhita Lampung
https://stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodipkb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodiikb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodibmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
E-journal STIAB Jinarakkhita Lampung
https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments