HomeArtikelTingkatkan Keterampilan Mahasiswa, Program Studi Ilmu Komunikasi Buddha STIAB Jinarakkhita Lampung Gelar...

Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa, Program Studi Ilmu Komunikasi Buddha STIAB Jinarakkhita Lampung Gelar Kuliah Praktikum Dosen Ahli Mata Kuliah Vitharanam Nivedana-Kepenyuluhan & Penyiaran Buddha

BANDAR LAMPUNG – Rabu, 20 Maret 2024, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Buddha di STIAB Jinarakkhita Lampung mengikuti kelas Praktikum dengan judul “Praktikum Keterampilan & Nilai-nilai Kepanditaan Buddha”. Dalam kuliah praktikum kali ini, mereka fokus membahas “”Ciri Khotbah Dharma yang Baik & Peace Model of Public Speaking untuk Pemuka Agama”.

Narasumber dalam kuliah praktikum ini adalah Dr. Hendra Lim, S.S M.Pd. Beliau adalah Ketua Lembaga PSDM PP MBI Periode Tahun 2018-2023. Dr. Hendra Lim menyampaikan pengajarannya mengenai ciri-ciri khotbah Dharma yang baik kepada para mahasiswa. Beliau menekankan pentingnya membuka dan mengajak mereka yang memiliki telinga untuk mendengar, berkomitmen, dan berkeyakinan yang baik.

Dalam pembahasan, Dr. Hendra Lim juga menyampaikan perbedaan antara kampus Buddhayana dan kampus non-Buddhayana. Ia menjelaskan bahwa Buddhayana adalah cara pandang dan wawasan yang mengajarkan bahwa seseorang menjadi Buddha atau arahat bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk manfaat semua makhluk. Di sisi lain, Mahayana memiliki aspirasi kendaraan besar untuk kebahagiaan semua makhluk.

Dr. Hendra Lim juga menekankan pentingnya mengembangkan diri sendiri sebelum melatih orang lain. Ia mengutip Dhammapada (Dhp. 158) yang menyatakan bahwa orang bijaksana yang melakukannya tidak akan dicela. Dalam konteks mengajari orang lain, Dr. Hendra Lim mengungkapkan bahwa meskipun belum mencapai kesucian atau menjadi arahat, setidaknya seseorang harus mendorong orang lain untuk menjadi lebih baik. Selama kuliah praktikum, Dr. Hendra Lim juga membagikan lima manfaat dari mendengarkan Dharma, yaitu mendengar hal baru, mengklarifikasi, menghilangkan keraguan, meluruskan pandangan, dan menenangkan pikiran. Ia mengutip Dhammassavana Sutta (AN 5:202) yang menjelaskan manfaat-manfaat tersebut.

Sesuai dengan integrasi matakuliah Vitharanam Nivedana-Kepenyuluhan Dan Penyiaran Buddha tujuan utama dari kegiatan kuliah dosen ahli adalah diharapkan mahasiswa untuk dapat memahami serta menjadi bekal mahasiswa mengenai bagaimana melakukan penyiaran dan penyuluhan agama Buddha yang baik.

Kontributor: Jesy Paramita
Hima Prodi IKB Bidang Jurnalistik

Redaksi 2024 © LPTIK STIAB Jinarakkhita Lampung

—————————————
Penerimaan Mahasiwa Baru Tahun 2024
https://pmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
Informasi Tekait STIAB Jinarakkhita Lampung
https://stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodipkb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodiikb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodibmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
E-journal STIAB Jinarakkhita Lampung
https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments