HomeArtikelPembentukan APROS-PKBI: Ketua STIAB Jinarakkhita Lampung Menjadi Pimpinan Sidang Munas

Pembentukan APROS-PKBI: Ketua STIAB Jinarakkhita Lampung Menjadi Pimpinan Sidang Munas

JAKARTA, (07/05/2024) Ketua STIAB Jinarakkhita, Dr. Burmansah, M.Pd. memimpin rapat Pembentukan Asosiasi Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Indonesia yang difasilitasi oleh Subditperti Kementerian Agama RI, bertempat di Redtop Hotel Convention Center Jl. Pecenongan 72, Jakarta Pusat 10120. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 – 8 Mei 2024. APROS-PKBI adalah asosiasi program studi pendidikan keagamaan Buddha seluruh Indonesia yang tergabung dalam sebuah konsorsium untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program studi dari perguruan tinggi keagamaan Buddha (PTKB).

Asosiasi Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Indonesia dibentuk sebagai salah satu dorongan kolektif dari seluruh PTKB di Indonesia. Berawal dari berbagai permasalahan yang dialami oleh setiap Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha di seluruh PTKB di Indonesia yang menggambarkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di tingkat program studi dirasakan kurang maksimal dan memunculkan berbagai permasalahan yang berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas dari program studi di setiap Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Indonesia.

Dalam kegiatan ini hadir Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI (Drs. Supriyadi, M.Pd.), Direktur Urusan Dan Pendidikan Agama Buddha (Nyoman Suriadarma, S.H., M.H.) Kegiatan dibuka oleh Drs. Supriyadi, M.Pd. Selaku Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha. Dalam sambutannya, Dirjen menjelaskan bahwa “Prodi PTKB memiliki tuntutan yang harus dipenuhi dan salah satu elemen yang tidak dapat dipisahkan salah satunya adalah asosiasi yang mewadahi Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Indonesia” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula seorang narasumber yaitu Prof. Dr. H. Fauzan, M.A. Guru Besar FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Ketua Dewan Pendiri PD-PGMI Indonesia). Beliau menyampaikan materi mengenai “Peran dan Fungsi Strategis Asosiasi Program Studi”. Pada kesempatan tersebut Beliau mengatakan bahwa” Asosiasi Program Studi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.

Pada kegiatan selanjutnya dilakukan pemilihan ketua yang di fasilitasi oleh Dr.Burmansah M.Pd sebagai ketua sidang. Sebelum pemilihan, dibahas terlebih dahulu Anggaran Dasar dan anggaran rumah tangga, kemudian tata tertib pemilihan ketua, dan pemilihan ketua. Ketua formatur memimpin jalannya pemilihan dan berdasarkan pemilihan secara demokrasi terpilih lah Dr.Partono (Bhikkhu Nyanasuryanadi) sebagai ketua asosiasi program studi pendidikan keagamaan Buddha Indonesia yang akan menjabat selama 3 tahun. Kemudian, dengan terpilihnya ketua Apros-PKBI maka kegiatan tersebut selesai dilakukan dan menunggu penetapan lebih lanjut.

Harapan dibentuknya Apros-PKBI adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program studi dari perguruan tinggi keagamaan Buddha (PTKB). Sehingga anggota Apros-PKBI dapat lebih di fasilitasi, terlindungi dan diayomi, maju Bersama dan berkembang Bersama menuju Masyarakat Buddhis yang bermartabat.

Redaksi 2024 © LPTIK STIAB Jinarakkhita Lampung

—————————————
Penerimaan Mahasiwa Baru Tahun 2024
https://pmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
Informasi Tekait STIAB Jinarakkhita Lampung
https://stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodipkb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodiikb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodibmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
E-journal STIAB Jinarakkhita Lampung
https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments