HomeArtikelPerdalam Pemahaman Mindfulness: STIAB Jinarakkhita Adakan Seminar & Kuliah Umum Dosen Tamu...

Perdalam Pemahaman Mindfulness: STIAB Jinarakkhita Adakan Seminar & Kuliah Umum Dosen Tamu Internasional

Bandar Lampung (03/04/2024) – STIAB Jinarakkhita kembali mengadakan kegiatan Visiting Lecture & Seminar: “Mindfulness and Modern Society: Developing Mindfulness Practice Into Our Daily Lives to Bring Self and Social Transformation“. Acara ini merupakan kolaborasi antara STIAB Jinarakkhita Lampung dan narasumber Ahli dari Plum Village Perancis, yang berbagi pengetahuan dan pengalaman serta kebijaksanaannya dalam mindfulness.

Dengan meningkatnya kesadaran tentang pentingnya kesejahteraan mental dan emosional, praktik kesadaran telah menjadi semakin relevan dalam mengatasi berbagai tantangan modern seperti kecemasan, depresi, dan ketegangan hubungan sosial. Seminar ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan praktis kepada peserta untuk mengintegrasikan kesadaran ke dalam rutinitas mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih seimbang dan bermakna.

Melalui pemahaman yang mendalam tentang manfaat praktik kesadaran, diharapkan bahwa individu dapat merasakan transformasi positif dalam diri mereka sendiri dan juga berkontribusi pada perubahan sosial yang lebih luas. Dengan demikian, acara ini diharapkan menjadi titik awal bagi individu dan masyarakat untuk membangun kesadaran yang lebih dalam dan menciptakan dunia yang lebih baik secara kolektif.

Rangkaian kegiatan dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dan diselenggarakan di Mainhall STIAB Jinarakkhita Lampung. Wakil ketua I Bidang Akademik (Wistina Seneru, S.Pd.B., M.Pd.,) dalam sambutannya menyampaikan, “Seminar ini merupakan langkah penting dalam memperkenalkan dan mempromosikan pentingnya praktik kesadaran dalam menghadapi tantangan kehidupan modern. Kami berharap melalui seminar ini, peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengembangkan kesadaran dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai transformasi pribadi dan sosial yang positif”.

Selanjutnya penyampaian materi dimoderatori oleh Bapak Komang Sutawan, S.Ag., M.M., M.Pd.B., (Ketua Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha). Dalam pemaparannya, Biksu Thich Chan Troi Bao Tang mengatakan, “Praktik kesadaran harus bersifat memiliki jiwa yang melayani, sadar akan kehidupan, mampu menyadari akan penderitaan dan kebahagiaan, serta melaksanakan etika/sila, maka mampu membawa diri kita untuk kembali pada present moment.” Selain itu beliau juga menegaskan bahwa Mindfulness dalam kehidupan sehari-hari mengajarkan kita akan ketidakkekalan dan ketidaknyamanan kehidupan duniawi yang selalu melekat didalam diri, sehingga menjadikan diri sukar menyadari apa yang sedang terjadi dan mengakibatkan tidak munculnya kebahagiaan dalam kehidupan.

Kegiatan ini diikuti oleh Dosen, tenaga kependidikan, seluruh mahasiswa STIAB Jinarakkhita, dan juga dihadiri oleh Ketua maupun perwakilan dari MBI Provinsi Lampung, MBI Kota Bandar Lampung, dan WBI Provinsi Lampung sehingga dapat merasakan interaksi dan inspirasi yang dibawa oleh narasumber. Kegiatan mindfulness ini memberikan pesan kepada seluruh peserta tentang bagaimana menerapkan mindfulness didalam kehidupan sehari-hari.

Semoga seminar ini menjadi awal dari perubahan yang berkelanjutan dalam masyarakat, di mana setiap individu dapat menjalani kehidupan dengan lebih sadar, bahagia, dan bermakna. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini. Semoga kita semua dapat terus bergerak maju dalam perjalanan menuju kesejahteraan pribadi dan kolektif.

Redaksi 2024 © LPTIK STIAB Jinarakkhita Lampung

—————————————
Penerimaan Mahasiwa Baru Tahun 2024
https://pmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
Informasi Tekait STIAB Jinarakkhita Lampung
https://stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodipkb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodiikb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodibmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
E-journal STIAB Jinarakkhita Lampung
https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments