HomeArtikelPROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEAGAMAAN BUDDHA SUKSES MENYELENGGARAKAN KELAS DOSEN TAMU INTERNASIONAL

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEAGAMAAN BUDDHA SUKSES MENYELENGGARAKAN KELAS DOSEN TAMU INTERNASIONAL

Bandar Lampung (03/04/2024) – Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha STIAB Jinarakkhita menyelenggarakan kegiatan Kelas Dosen Tamu Internasional. Pada kegiatan ini, menghadirkan narasumber ahli di bidang Mindfulness. Beliau adalah Biksu Thich Chan Troi Bao Tang, sebagai Dosen Ahli dari Plum Village, Perancis.

Rangkaian kegiatan Kelas Dosen Tamu Internasional yang mengambil tema ‘Mindfulness in Education: Best Practices for Bringing Mindfulness into Schools’, dibagi menjadi dua sesi kegiatan, yaitu Sesi I Kelas dan Sesi II Workshop. Kegiatan ini di moderatori oleh Bapak Widiyanto, S.Ag., M.Pd.B. (Dosen STIAB Jinarakkhita). Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah Mahasiswa Semester II, IV, VI, dan VIII Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha serta Bapak/Ibu Dosen dan Staff STIAB Jinarakkhita.

Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 150 Menit yang diawali dari sesi I, pukul 13.00 sampai dengan 14.30 WIB dan sesi II dimulai dari pukul 15.00 sampai dengan 16.00 WIB. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep dan penerapan mindfulness di dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari, khususnya dalam konteks aktivitas akademik. Sebagai calon Guru Pendidikan Agama Buddha pelatihan ini dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa, yang nantinya juga akan mengajar peserta didiknya.

Biksu Thich Chan Troi Bao Tang mengawali Sesi I dengan penyampaian dasar-dasar dari praktik Mindfulness dari ajaran Buddha Gautama. Salah satu yang disampaikannya yaitu “Agama Buddha dapat dipelajari masuk kedalam diri kita dan juga keluar dari diri kita”. Hal tersebut dapat dipahami bahwa apabila ajaran Buddha dipraktikan dengan baik, akan membawa manfaat untuk diri sendiri dan juga akan membawa manfaat untuk orang lain. Pada sesi ini juga disampaikan berkaitan dengan cara menggunakan bell untuk praktik Mindfulness dan juga beberapa hal terkait prinsip-prinsip praktik mindfulness yang tidak diperkenankan dalam pembelajaran. Mindfulness bukan hanya dipraktikkan dalam mata kuliah semata tetapi juga dijadikan sebagai budaya dalam kehidupan, mindfulness pada dasarnya bukan hanya untuk meningkatkan kompetensi tetapi juga untuk latihan hidup sehari-hari, imbuhnya dalam menutup Sesi I.

Selanjutnya dalam sesi II, mahasiswa diberikan kesempatan untuk praktik bersama mengamati badan jasmani. Terdapat sembilan latihan untuk tubuh yang disampaikan oleh narasumber. Adapun diantaranya yaitu praktik 1) mengamati nafas masuk dan nafas keluar, 2) mengikuti nafas masuk dan nafas keluar, 3) menyadari tubuh, 4) relax, 5) mengamati postur tubuh, 6) mengamati gerakan tubuh, 7) mengamati bagian-bagian tubuh, 8) mengamati unsur yang ada dalam tubuh, dan 9) merenungkan kematian. Seusainya praktik mindfulness dengan objek tersebut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman yang dirasakannya selam praktik tersebut. Pada kesempatan itu, tedapat empat mahasiswa yang menyampaikan pengalamannya.

Acara ini tidak hanya berfokus pada materi dan praktik mindfulness, tetapi juga pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar seluruh peserta yang hadir dapat berperan menjadi agen perubahan dengan membawa budaya sadar-penuh ke dalam komunitas akademik dan juga masyarakat. Diharapkan melalui kegiatan ini, peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis dalam praktik hidup sadar-penuh, yang akan membawa dampak positif dalam aktivitas akademis di STIAB Jinarakkhita.

Redaksi 2024 © LPTIK STIAB Jinarakkhita Lampung

—————————————
Penerimaan Mahasiwa Baru Tahun 2024
https://pmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
Informasi Tekait STIAB Jinarakkhita Lampung
https://stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodipkb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodiikb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodibmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
E-journal STIAB Jinarakkhita Lampung
https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments