HomeArtikelSTIAB JINARAKKHITA DAN UNHI MEMPERSIAPKAN PENYELENGGARAAN PRODI MAGISTER BAURAN ILMU AGAMA DAN...

STIAB JINARAKKHITA DAN UNHI MEMPERSIAPKAN PENYELENGGARAAN PRODI MAGISTER BAURAN ILMU AGAMA DAN KEBUDAYAAN

Bandar Lampung, 12/06/2024—Bertempat di Aula Multifungsi Kampus STIAB Jinarakkhita Lampung, diadakan pertemuan di antara Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dan STIAB Jinarakkhita Lampung dalam agenda penguatan kerja sama dua institusi yang selama ini telah terjalin dalam implementasi Tridarma Perguruan Tinggi dan pengembangan SDM, khususnya penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Agama dan Budaya untuk para dosen STIAB Jinarakkhita Lampung.

Saat ini dosen STIAB Jinarakkhita Lampung berjumlah 10 orang sedang menempuh pendidikan doktor di fakultas ilmu agama dan budaya dan satu orang dosen menempuh pendidikan doktor di program studi pendidikan. Kerjasama ini telah terjalin sejak tahun akademik 2022/2023 dan telah berjalan sejak dua tahun yang lalu.

Pertemuan ini dihadiri oleh Dr. Burmansah, M.Pd selaku Ketua STIAB Jinarakkhita Lampung, Rektor Universitas Hindu Indonesia , Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS dan didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. I Putu Gelgel, SH, M.Hum dan Ketua Yayasan Pendidikan Widya Kerthi yang menaungi UNHI yakni Kolonel (Purn) Dr. Drs. Dewa Ketut Budiana,. M.Ag., serta para pimpinan, dosen, dan karyawan di Lingkungan STIAB Jinarakkhita Lampung. Pertemuan kali ini memiliki dua agenda di antaranya  sosialisasi dan pengembangan kerjasama kampus satelit program studi magister Ilmu Agama dan Kebudayaan dan  menyampaikan progres studi doktor yang sedang dijalani oleh para dosen dan karyawan STIAB Jinarakkhita Lampung di UNHI. Selama dua jam pertemuan didapatkan kesepakatan di antara dua institusi untuk mengembangkan lebih lanjut dalam penguatan dan penyempurnaan proses penyelesaian studi program doctor yang sedang dijalani oleh para dosen melalui berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan selama penyelesaian studi.

Selain itu, untuk meningkatkan peran dalam adaptasi dan transformasi perguruan tinggi dalam pengembangan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka maka dapat dilakukan dengan pendekatan perkuliahan bauran antar institusi serta menjadi kampus satelit dalam penguatan program-program studi yang sudah dikembangkan di dua institusi. UNHI berkomitmen menjadi mitra dan aliansi perguruan tinggi dalam pengembangan bidang ilmu agama dan kebudayaan dengan STIAB Jinarakkhita Lampung serta dengan kampus lainnya. Bentuk kerjasama dengan menyesuaikan dengan perkembangkan keilmuan dan juga kesesuaian keilmuan dan dasar keagamaan bagi institusi-institusi yang tergabung dalam kerjasama pengembangan program studi ini, diantaranya UNHI, STIAB Jinarakkhita Lampung, dan STIKUM Kupang.

Kerjasama ini juga menjadi bagian implementasi moderasi beragama yang nyata di antara tiga agama yakni agama hindu, agama buddha, dan agama Kristen. Harapan dari Rektor UNHI dalam uraiannya mengatakan, “saat ini, perkembangan keilmuan dari program studi magister ilmu agama dan kebudayaan di UNHI sendiri telah berkembang pesat sesuai dan merupakan keilmuan non agama hindu serta dapat diikuti oleh berbagai agama, yang saat ini telah dikembangkan kurikulumnya terdapat mata kuliah pilihan bagi mahasiswa agama tertentu seperti hindu, buddha, dan Kristen”. Lebih lanjut, Ketua STIAB Jinarakkhita Lampung menyambut dengan antusias atas ide pengembangan luar biasa yang dikemukakan oleh rektor UNHI di pertemuan tersebut. Tidak berhenti di sana juga, Ketua STIAB Jinarakkhita Lampung menyatakan bahwa sebagai institusi yang selama ini focus dalam pengembangan sistem akademik dengan mengadaptasi dari sister university yang telah dibangun Bersama UNHI maka siap menerima kerjasama ini dengan memenuhi berbagai kebutuhan yang diharuskan nantinya. Selain membahas tentang penguatan Kerjasama, pertemuan juga berdiskusi mengenai kendala dalam penyelesaian pendidikan doktor yang ditempuh oleh para dosen dan karyawan STIAB Jinarakkhita Lampung. Acara pertemuan ditutup dengan foto bersama dan makan malam.

Redaksi 2024 © LPTIK STIAB Jinarakkhita Lampung

—————————————
Penerimaan Mahasiwa Baru Tahun 2024
https://pmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
Informasi Tekait STIAB Jinarakkhita Lampung
https://stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodipkb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodiikb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodibmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
E-journal STIAB Jinarakkhita Lampung
https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments