HomeArtikelHadirkan Delegasi International Visiting Lecturers dari Plum Village, STIAB Jinarakkhita Lampung Kembali...

Hadirkan Delegasi International Visiting Lecturers dari Plum Village, STIAB Jinarakkhita Lampung Kembali Adakan Kelas & Workshop Mindfulness untuk Mahasiswa, Guru, dan Dosen

Lampung (16/05/2024) – Pada Kamis, 16 Mei 2024, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Jinarakkhita Lampung kembali menyelenggarakan acara “Hari Berkesadaran Penuh (Day of Mindfulness) di Kampus STIAB Jinarakkhita” yang dihadiri oleh sekitar 250 orang mahasiswa, guru, dan dosen. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan STIAB Jinarakkhita yang bertajuk “International Visiting Lecturers of Plum Village Delegation,”. Menghadirkan delapan anggota sangha dari Delegasi Internasional Sangha Plum Village Thailand, yaitu Br. Pháp Tử, Br. Trong Sáng, Br. Trúc Lâm, Br. Quy Sơn, Sr. Dương Nghiêm, Sr. Từ Tuệ, Sr. Hỷ Niệm, dan Sr. Phúc Châu, kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari 16 hingga 17 Mei 2024. Selain mahasiswa dan dosen turut hadir guru-guru dari Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Ehipassiko School Jakarta.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan bernyanyi berkesadaran yang menenangkan dan menumbuhkan semangat kebersamaan dan kegembiraan. Selanjutnya, peserta mengikuti meditasi duduk yang dipandu oleh delegasi Plum Village untuk meningkatkan fokus dan ketenangan batin. Sesi Ceramah Dharma dengan topik “Berkesadaran Penuh & Napas Berkesadaran” memperdalam pemahaman tentang praktik mindfulness dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Ceramah Dhamma ini, mahasiswa dan dosen diajak untuk berinteraksi guna menambah pemahaman tentang praktik mindfulness.

Selanjutnya, peserta diajari melakukan gerakan berkesadaran untuk menjaga kebugaran tubuh dan pikiran. Total gerakan dasar yang dilakukan berjumlah sepuluh gerakan. Pada sesi praktik makan berkesadaran, peserta menikmati setiap gigitan makanan dengan penuh perhatian. Setelah itu, teknik total relaksasi juga diperkenalkan untuk melepaskan stres dan ketegangan. Total relaksasi dilakukan dengan tidur berkesadaran.

Acara semakin menarik ketika peserta dibagi menjadi empat kelas untuk mengikuti berbagai workshop yang diselenggarakan, antara lain Inviting the Bell oleh Sr. Duong N dan Br. Quy Son yang mengajarkan seni mengundang lonceng dengan penuh kesadaran, Walking Meditation oleh Sr. Hy Niem dan Sr. Tu Tue yang mengajarkan meditasi berjalan untuk merasakan setiap langkah dengan penuh kesadaran, Tangerine Meditation oleh Br. Trong Sang dan Br. Truc Lam yang menggunakan buah jeruk untuk mengasah indera dan kesadaran, serta Sitting Meditation oleh Br. Phap Tu yang mengajarkan meditasi duduk mendalam untuk mencapai ketenangan batin.

Ketua Panitia kegiatan, YM. Biksu Bhadra Suryaphalo menyampaikan bahwa dengan mengadakan kegiatan ini, STIAB Jinarakkhita Lampung menunjukkan komitmen sebagai kampus mindfulness dalam memberikan pendidikan holistik dan mendukung pengembangan diri mahasiswa dan dosen. “Melalui praktik mindfulness, diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan manajemen diri, fokus, dan produktivitas akademik, sekaligus membangun keseimbangan hidup yang lebih baik” Tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Buddha yang bernama Denisa Br Sembiring menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat menginspirasi, terutama pada saat meditasi berjalan yang dia ikuti. Meditasi ini memberikan penyadaran bahwa kita harus selalu hadir dalam setiap momen sehingga lebih memiliki kemampuan dalam manajemen diri fokus terhadap hal yang dilakukan. “Saya sangat terkesan dengan pengalaman ini dan merasa lebih mampu mengelola diri dan konsentrasi saya setelah mengikuti sesi ini,” ujarnya.

Pada pukul 16.00 WIB, acara ditutup dengan sesi penyampaian kesan dan pesan dari peserta dilanjutkan dengan foto kelompok untuk mengabadikan momen kebersamaan ini. Kegiatan ini meninggalkan kesan mendalam bagi seluruh peserta, memperkuat ikatan komunitas akademik dan spiritual di STIAB Jinarakkhita. Semoga semua maju dalam Dhamma. Sadhu.

Redaksi 2024 © LPTIK STIAB Jinarakkhita Lampung

—————————————
Penerimaan Mahasiwa Baru Tahun 2024
https://pmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
Informasi Terkait STIAB Jinarakkhita Lampung
https://stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodipkb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodiikb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodibmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
E-journal STIAB Jinarakkhita Lampung
https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments