HomeArtikelSTIAB Jinarakkhita Lampung Bersama Plum Village Thailand Internasional Adakan Kegiatan Day of...

STIAB Jinarakkhita Lampung Bersama Plum Village Thailand Internasional Adakan Kegiatan Day of MINDFULNESS (DoM) untuk Publik

Lampung, 17 Mei 2024 – Lembaga Pengembangan Pendidikan STIAB Jinarakkhita Lampung bekerja sama dengan Plum Village Thailand Internasional menggelar kegiatan Day of Mindfulness (DoM) yang terbuka untuk umum. Mengusung tema Moving Towards a Mindful Society, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan praktik mindfulness dalam masyarakat. Peserta dalam kegiatan ini dibatasi hanya untuk 300 orang peserta. Hadir dalam kegiatan ini dosen, staf, dan mahasiswa STIAB Jinarakkhita serta masyarakat umum yang berasal dari guru-guru dari Bandar Lampung, Kota Metro, Pesawaran dan Jakarta. Turut hadir pula guru-guru dari Ehipassiko School Jakarta, Ekayana Dharma Budhi Bhakti, Pengurus Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Lampung, WBI Provinsi Lampung, dan perwakilan pengurus Wihara-wihara di Provinsi Lampung.

Acara yang berlangsung pada hari Jumat, 17 Mei 2024, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, bertempat di Hall Utama Kampus STIAB Jinarakkhita Lampung. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung dalam berbagai teknik mindfulness yang dipandu oleh anggota delegasi Plum Village Thailand.

Rangkaian acara dimulai dengan Sitting Meditation atau duduk berkesadaran untuk mencapai ketenangan batin dan fokus sebelum memulai kegiatan, diikuti oleh Mindful Movements yang melibatkan gerakan-gerakan dengan penuh kesadaran. Selanjutnya, peserta diajak untuk mengikuti Singing Meditation, yaitu bernyanyi dengan penuh kesadaran guna menumbuhkan kebersamaan dan kedamaian. Dalam Dharma Talk, delegasi dari Plum Village memberikan ceramah mengenai pentingnya mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

Acara juga mencakup praktik Makan Berkesadaran, di mana peserta menikmati setiap gigitan dengan penuh perhatian, serta sesi Total Relaxation untuk melepaskan stres dan ketegangan. Sesi Question & Answer memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendalami pemahaman mereka tentang mindfulness, sementara Feedback kesan dan pesan dikumpulkan untuk evaluasi dan pengembangan kegiatan selanjutnya. Kesan dan pesan yang diwakili oleh Bapak Indra Halim (Ketua MBI Provinsi Lampung), Lusie Candrawati (Ketua WBI Provinsi Lampung), Samanera Widi (perwakilan Samanera), Indria Selawati (perwakilan Samaneri), Widiyanto (perwakilan Dosen), Rini Kasrah (perwakilan staf), Venny Anggraini (Perwakilan Umat Wihara), dan Intan Panya Lita Teri (perwakilan mahasiswa) yang menyatakan bahwa mereka merasa mengapresiasi kegiatan ini sebagai pelatihan yang bermanfaat untuk melatih kesabaran dan mengatasi konflik. Peserta merasa bahagia dan mampu menerapkan tuntunan yang diberikan, berharap kegiatan serupa dapat diadakan berulang kali.

Day of Mindfulness merupakan rangkaian kegiatan pelatihan mindfulness secara kolektif dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari yang dilaksanakan selama satu hari penuh. Kegiatan DoM ini merupakan pelatihan berkesinambungan seni hidup sadar penuh di antaranya: duduk berkesadaran, jalan berkesadaran, makan berkesadaran, mendengar secara mendalam, bicara dengan cinta kasih, ceramah dharma, dan praktik dasar dan pendukung mindfulness lainnya.

Sementara itu, Ketua STIAB Jinarakkhita Dr. Burmansah, M.Pd. (Biksu Nyanabandhu Sakya) dalam sambutannya menjelaskan bahwa melalui kegiatan DoM ini, diharapkan peserta dapat memahami dan menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menciptakan masyarakat yang lebih tenang, fokus, dan harmonis. “Kegiatan DoM ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat umum dalam memahami dan mengimplementasikan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menciptakan masyarakat yang lebih tenang, fokus, dan harmonis.” Tuturnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa pada Kamis, 16 Mei 2024 STIAB Jinarakkhita juga sukses menyelenggarakan kegiatan DOM bagi mahasiswa, guru, dan dosen. Dengan kegiatan ini, semakin menunjukkan konsistensi dan komitmen STIAB Jinarakkhita sebagai kampus pusat mindfulness. Acara ditutup dengan Lagu The Circle Song, di mana peserta bernyanyi bersama. Di akhir acara dilakukan foto bersama untuk mengabadikan momen kebersamaan ini. Semoga semua maju dalam Dharma.

Redaksi 2024 © LPTIK STIAB Jinarakkhita Lampung

—————————————
Penerimaan Mahasiwa Baru Tahun 2024
https://pmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
Informasi Terkait STIAB Jinarakkhita Lampung
https://stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodipkb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodiikb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
https://prodibmb.stiab-jinarakkhita.ac.id/
—————————————
E-journal STIAB Jinarakkhita Lampung
https://ejournal.stiab-jinarakkhita.ac.id/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments